PT. BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI(BABL)RAMPAS LAHAN HAK MASYARAKAT DESA SUI TERUS KUBU Dan diduga Mantan Oknum Kades Kubu ikut Terlibat

Kubu Raya,Radar Kriminal. Marsalim menjelaskan Berawal dari Tranmigrasi pada tahun 1983 di Desa sungai terus kubu Raya, kami merasa damai be...


Kubu Raya,Radar Kriminal.

Marsalim menjelaskan Berawal dari Tranmigrasi pada tahun 1983 di Desa sungai terus kubu Raya, kami merasa damai berdampingan dan tidak pernah adanya pencaplokakn lahan-lahan masyarakat disini kata Mursalim, sejak masuknya Perusahaan Sawit dikalbar hususnya kabupaten kubu Raya ini, barulah lahan-lahan tanah pertanian kami semuanya dicaplok oleh perusahaan sawit  PT.BABL dengan bermain dengan aparat Desa ,BPN dan instansi -instansi yang terkait, jelas Marsalim kepada Awak media, Minggu( 19/12/2021).


Durmin menjelaskan kronologis kejadian lahan Masyarakat Desa Sungai Terus, berawal dari keterlibatan oknum Kades Kubu Ridwansyah.SH alias Atong ketika pada waktu masih menjadi Kades yang diduga sudah bermain dengan Perusahaan sawit  PT.BABL, hingga lahan kami dicaplok Perusahaan tersebut.


Menurut Durmin dan Kawan-kawan, Bahwa warga masyarakat Dusun Sungai Terus sudah hidup dan menetap ditempat tersebut bertahun-tahun lamanya, dan untuk melangsungkan kehidupannya warga masyarakat menggarap/ mengolah lahan tersebut dengan bercocok tanam padi, palawija, menanam pohon pisang, kelapa,cempedak, nangka, nenas, dan lain-lainnya, dari hasil olah tanaman tersebut warga masyarakat dapat mempertahankan, melanjutkan, dan mengembangkan kehidupannya sehari-hari dengan aman, tenteram, dan damai tanpa adanya hambatan,gangguan,tantangan,dan ancaman yang begitu berarti dan serius. 


Bahwa secara kenyataan social (de facto) lahan tersebut benar-benar difungsikan, digarap atau dikelola oleh warga Masyarakat untuk bercocok tanam guna memenuhi tuntutan kebutuhan hidup dengan cara : menanam padi, palawija, pisang, dan tanaman-tanaman menahun lainnya seperti pohon kelapa, pohon cempedak, pohon nangka, yang benilai ekonomis sebagai penunjang tanaman padi, jagung, kacang,sayur-sayuran. Hal ini sangat relevan dengan azas dan sifat hokum pertanahan/ agrarian yang berlaku di Negara Kita UU RI Nomor 5 tahun 1960 tentang ketentuan-ketentuan pokok hukum Agraria Indonesia. Dan secara phisik dapat kami sebutkan luas lahan yang telah dikuasai oleh pihak Perusahaan perkebunan sawit swasta PT. BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI ( BABL) beralamat di Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, 1 175 Ha (seratus tujuh puluh lima ) hectare dengan jumlah Penggarap 58 KK ( lima puluh delapan) Kepala Keluarga berbatasan dengan : Sebelah Timur: Lahan perkebunan sawit PT. INCIKO Sebelah Barat: Desa Sungai Terus Sebelah Utara : Sungai Kapuas Desa Terentang Sebelah Selatan : Hutan Negara,Bahwa ke-58 Orang pemegang hak garap dan SPT (lima puluh delapan) Orang adalah benar-benar warga Masyarat Sungai Terus Desa Kubu Kecamatan Kubu Kab.Kubu Raya, semaksimal mungkin juga sudah berusaha untuk mensertifikatkan lahan garapan tersebut, dengan cara mengurus Surat Garap kepada Pemerintahan Desa/ Kepala Desa Sungai Terus dan hasilnya pada tahun 2003 Pemerintahan Desa/ Kepala Desa Sungai Terus telah menerbitkan Surat Keterangan yang intinya menerangkan : Bahwa lahan seluas 175 Ha ( seratus tujuh puluh tiga hektar are ) benar-benar lahan garapan warga Masyarat Sungai Terus Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya ( photo copy Surat keterangan terlampir)


Bahwa sekitar tahun 2013, perusahaan perkebunan sawit swasta yang bernama PT. BABL ( BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI) tiba dan menginjakkan serta mengembangkan dirinya di Desa Sungai Terus Desa Kubu Kecamatan kubu Kab.Kubu Raya. Situasi dan kondisi yang dulunya aman tentraman dan damai, mulai berubah menjadi kurang kondusif. Tanah-tanah garapan warga Masyarakat Desa Sungai Terus Kecamatan Kubu seluas + 175 Ha (seratus tujuh puluh tiga ) Ha perlahan-lahan digusur/ diratakan dengan mesin-mesin alat berat ( buldhozer dan exchavator). hamparan pertanian padi, palawija, batang batang pohon kelapa, kopi, nangka, cempedak, pisang, jagung, padi menjadi rata dengan tanah datar tanpa adanya ganti rugi lahan dan GRTT ( ganti rugi tanaman tumbuh) yang diterima langsung oleh warga Masyarakat.


Bahwa kami, sebagai warga Masyarakat sangat tidak menerima tindakan/perbuatan sewenang-wenang dari pihak perusahaanperkebunan sawit swasta PT. BABL yang tanpa didahului adanya silaturrahmi ( sosialisasi) tentang program-program kerja dan rencana kerja ( visi dan misi ) jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang kepada warga Masyarakat Desa Sungai Terus Kec. Kubu Kab. Kubu Raya sesuai dengan dasar, azas, tujuan, prinsip, dan landasan Undang-Undang RI Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan.


Bahwa kami merasakan sangat dirugikan secara lahir bathin, atas tindakan/perbuatan pihak Perusahaan perkebunan sawit swasta PT.BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI (BABL) Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, yang secara melawan hukum telah menggusur dan merusak tanaman diatas lahan hak-hak garap kami sebagai warga masyarakat Desa Sungai Terus Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, tanpa adanya sosialisasi rencana dan program kerja ( visi misi ) Perusahaan Perkebunan Sawit yang jelas/ transparan dan Ganti kerugian Lahan serta Tanaman Tumbuh milik warga Masyarakat Desa Sungai Terus Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya yang menurut hemat kami sangat bertentangan dengan UU RI Nomor 39 tahun 2014 tentang Ketentuan-ketentuan pokok Perkebunan. Bahwa kami menduga, adanya perbuatan/ tindakan pihak Perusahaan perkebunan sawit swasta PT. BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI (BABL) Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, yang secara sewenang-wenang menggusur dan merusak lahan garapan kami dan dijadikan objek Usaha perkebunan Sawit, tidak terlepas dari perbuatan pejabat Kepala Desa Kubu ( Ridwansyah,SH alias Ayong)yang secara sewenang-wenang menyalahgunakan kekuasaannya/ jabatannya mencabut SPT ( Surat Pernyataan Tanah) warga masyarakat sebanyak 58 KK ( photocopy terlampir) melalui Surat Keputusannya nomor: 594/145/Pem Tanggal 13 Januari 2014 (photocopy terlampir).


Bahwa dengan adanya kerjasama antara Kepala Desa Kubu Ridwansyah,SH alias Atong ) dengan pihak perusahaan perkebunar sawit PT. BABL untuk membatalkan 58 ( lima puluh delapan) SPT warga masyarakat Sungai Terus Desa Kubu dengan luas lahan + 175 ha tersebut kemudian saat ini dikuasai oleh pihak PT. BABL sebagai lahan usaha perkebunan sawit, kami menduga telah terjadi perbuatan/tindakan Koorporasi Korupsi antara Kepala Desa Kubu dengan pihak PT. BABL, dengan mengorbankan kepentingan warga masyarakat, dan kepentingan Negara (agraria /pertanahan Nasional). Dan sebuah pertanyaan besar buat kami warga masyarakat Sungai Terus Desa Kubu para pemegang SPT dan surat garap adalah “ berapa besar upah yang diterima oleh Kepala Desa Kubu untuk mencabut/ membatalkan ke 58 SPT tersebut dari pihak perusahan perkebunan sawit PT.BABL ? hingga tega-teganya mengorbankan warga masyarakt kecil seperti kami ini. Dan apakah mungkin Kepala Desa Kubu tidak mendapat upah untuk membatalkan/ mencabut 58 SPT warga masyarakat Sungai terus Desa Kubu.


"Bahwa sesuai dengan kronologis kami seritakan tersebut, kami sangat mengharapkan bantuan Bapak agar melakukan penegakan hukum kepada pihak-pihak yang nyata-nyata telah mempermainkan hak azasi hidup kami sebagai warga masyarakat dan warga Negara Indonesia berazaskan hukum. Lanjut Durmin lagi menjelaska, bahwa Kami warga Masyarakat Desa Sengai Terus Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, pernah mendapat kan surat pembatalansemua surat SPT sebanyak 58 SPT yang dibuat Kades Ridwansyah, SH

(Atong), sedangkan ke 58 surat SPT tersebut diserahkan nya kepada  perusahan PT BABL dalam membuka lahan sawit tersebut, menurutnya ada apakah dengan Kades pada waktu itu," ungkap Durmin.


Dipihak yang sama Sobirin, juga menjelaskan bahwa mereka, mengenai lahan garapan mereka yang  diambil oleh perusahaan sawit BABL, dan mereka pernah mediasi bersama direktur PT . BABL pak Oni dan kawan-kawan, kita bersama meting dikantor nya mengenai sengketa lahan masyarakat yang telah dicaplok PT BABL yang sampai saat ini belum dielkan( dibayar) perusahaan kepada masyarakat.


"Harapan kami masyarakat kala itu meminta kepada pihak perusahaan yang sudah mencaplok lahan kami seluas 175 Hektar, dan dari 175 hektar tersebut yang sudah di jadikan surat SPT nya ada 58 SPT , dari kami yang mewakili masyarakat sungai terus pada saat ikut rapat dikantor PT BABL dipontianak, meminta untuk membayar lahan tersebut dengan persatu hektar nya Rp.12 juta. Dan pada waktu rapat meting tersebut pihak dari perusahaan PT BABL ,belum biasa memberikan jawaban/gambarannya  akan harga yang kami ajukan perhektar nya ke perusahaan PT BABL tersebut,"kata Sobirin.


"Lanjut ,Sobirin setelah kurang lebih tiga hari rapat meting pada saat dikantor perusahaan PT BABL dipontianak mereka Sobirin dan kawan-kawan dapat informasi dari pihak perusahan PT BABL mengeluarkan surat lewat tanggan masyarakat, dan masyarakat tersebut mempetanyakan kepada Sobirin  tentang pembayaran ganti rugi lahan mereka dari perusahaan PT BABL yang sudah dibayar sebesar 7 juta perhektar, kami bingung, menurut Sobirin  bahwa dirinya dan pengurus yang lainnya seakan-akan sudah diadu domba kepada masyarakat oleh pihak perusahaan PT BABL, dan surat dari perusahaan PT BABL yang sudah dikeluarkan oleh TU perusahaan tersebut yang belum ditanda tanggani oleh pihak perusahaan pun kami Ambil dan disimpan untuk jadikan bukti, menurut Sobirin ia juga Pernah membicarakan soal mengenai lahan tanah oleh PT.BAL kepada Pak Kades Rabuansyah ( Boy )  tapi sampai saat ini juga tidak kabar beritanya," Tuturnya.


Menurut Sohibin, selaku Kaur Desa Sungai Terus dan Mantan Kadus Desa Sungai Terus, yang ikut hadir dalam rapat bermusyawarah, rumah Pak Durmin, dalam Prihal yang sama seperti yang dijelaskan oleh bapak-bapak yang hadir di rumah pak Durmin, seperti Pak Marsalim, Pak Sobirin, pak Saprudin, dan Pak Safrudin mantan Dusun  Purwosuci, serta yang lain nya juga.


Kaur desa sungai terus, sangat mengharapkan agar hak dari warisan masyarakat Desa sungai terus bisa diselesaikan, dimana kami mengali permasalahan tersebut sejak tahun 2012 sampai Sekaran ditahun 2021 bel terselesaikan. Yang mana permasalahan nya berasal dari Perusahaan itu sendiri yang mungkin tidak mau memberikan hak pada masyarakat kami disini, jadi untuk itu bagi pihak perusahaan terutama kami berharap untuk bisa menyelesaikan dari pada tanah kami, jadi tolong janganlah Hak-hak kami ini disia-siakan, Hak-hak kami janganlah diabaikan.


"Sohibin, menjelaskan Karena kami datang datang disini bukanlah kehendak angin sampai disini, kami duduk kan disini  dengan dasar hukum, kami didudukan disini oleh Pemerintah pusat.Dan Hak-hak juga jangan sampai dihilangkan begitu saja oleh sebab akibat dua perusahaan yang tidak bertanggung jawab, dan itu harapan kami, jika hal itu tersebut tidak bisa ditempuh dengan baik-baik, maka kamipun akan melanjutkan hal ini kepada pihak ke Jaksaan ,sehingga Hak-hak kami ini didapat kembali baik itu berupa dengan pembayaran atau tanah kami ambil kembali, karena itu Hak kami," Pungkas Sohibin Pungkas, nya .

( Ayi Suherman S. : Kaperwil Prov.Kalimantan Barat ) RK

COMMENTS






Nama

abu dhabi,1,aceh,23,Aceh Barat,2,aceh timur,152,aceh utara,3,Adventorial,7,aek nabara,2,aimas,2,amsterdam,1,anta beranta,1,artikel,2,Asahan,11,badau,3,badung,5,bali,22,banda aceh,1,bandar lampung,3,Bandung,68,bandung barat,5,bangka,135,bangka barat,74,bangka belitung,20,bangka selatan,11,bangka tengah,6,banjarmasin,1,banten,3,Banyuasin,2,banyuwangi,145,barito selatan,2,barito utara,3,Bat,2,batam,5,batang,22,batang kuis,1,batu bara,26,bekasi,39,belawan,1,belitung,379,belitung timur,21,beltim,41,bengkalis,3,bengkayang,20,berau,4,bilah barat,1,Bilah Hulu,2,binjai,1,bintang meriah,1,bireuen,1,blitar,2,bogor,11,bojonegoro,3,bolsel,1,Bondowoso,6,boyolali,1,brebes,1,ciamis,7,Cianjur,33,Cikampek,1,cilacap,2,cimahi,3,cirebon,9,Covid-19,14,Daerah,2812,deli serdang,11,Demak,2,denpasar,12,Depok,4,DolokSanggul,1,dumai,1,Ekonomi,1,empanang,1,garut,3,Gorontalo,3,gresik,2,Gunung Megang,1,gunungsitoli,7,hajoran,3,halmahera,2,Halmahera Barat,16,Halmahera Selatan,4,Hukum,2,idi rayeuk,1,indonesia,1,indramayu,1,Internasional,1,jakarta,481,jakarta barat,1,jakarta timur,1,jakarta utara,1,jatim,3,jatinangor,1,Jawa Barat,8,Jawa Tengah,2,Jawa Timur,5,Jawabarat,5,jayapura,8,jember,7,Jepara,4,jombang,5,kab. bandung,6,kab.bekasi,3,kab.berau,5,Kalbar,30,Kalimantan Barat,8,kalimantan timur,1,kalsel,1,Kalteng,1,Kaltim,5,Kampar,2,Kapuas Hulu,12,karawang,4,Karimun,86,Kasus,1,kayong utara,14,kediri,2,keerom,2,kendari,1,Kepri,10,ketapang,48,kisam ilir,1,klaten,39,kolaka timur,1,kota agung,7,Kota Pinang,1,kotim,1,KPK,1,Kriminal,661,kuala behe,1,kuansing,1,kuantan singingi,1,kubu raya,400,kuningan,1,Labubanbatu,61,Labubanbatu selatan,15,labuhan,1,labuhanbatu,1437,Labuhanbatu Raya,2,labuhanbatu selatan,111,Labuhanbatu Utara,14,labura,32,labusel,28,Lahubanbatu,1,lamongan,3,Lampung,44,Lampung Barat,1,lampung selatan,1,Lampung tengah,15,Lampung timur,4,lampung utara,1,landak,43,langkat,127,langsa,3,lebak,1,lembak,1,lingga,49,lombok,1,lombok tengah,3,lumajang,1,madiun,1,magetan,1,Majalengka,107,Makassar,1,malang,10,Maluku,3,maluku utara,5,malut,7,mamuju,3,manado,3,manggar,2,manokwari,1,mataram,2,Maybrat,1,medan,78,Melawi,53,mempawah,18,menggala kota,1,menjalin,1,meranti,1,metro,1,mojokerto,3,muara dua,14,muara enim,126,mukomuko,3,Muna,1,muntok,1,musi banyuasin,1,musi rawas,1,nanga pinoh,1,Negeri Antah Berantah,9,negeri lama,1,Ngabang,1,nganjuk,2,Nias,15,Nias Selatan,3,Nias utara,5,NTB,61,Nusa Dua,3,ogan ilir,1,oku selatan,11,pacitan,11,padalarang,1,padang lawas,5,padang sidimpuan,2,palangka raya,4,palas,2,palembang,15,pali,3,paluta,1,pamekasan,1,Pandeglang,80,pangandaran,1,pangkal pinang,31,papua,4,papua barat,2,parapat,1,Pasuruan,2,pati,2,pekalongan,10,pekanbaru,13,Pemalang,2,Pendidikan,3,Peristiwa,3023,pesawaran,55,pesisir barat,1,politik,116,ponorogo,3,Pontianak,495,pontianak utara,1,prabumulih,1,pringsewu,1,probolinggo,8,pulau panggung,1,purwakarta,5,purwokerto,1,Purworejo,1,putussibau,4,radar kriminal,3,Ragam,2755,raja ampat,2,Rantauprapat,29,Riau,8,rokan hulu,1,rote ndao,1,sambas,14,samosir,3,Sampang,3,sanggau,66,sarawak,1,sekadau,12,sekayam,1,selayar,1,semarang,6,Serang,8,seruyan,1,siak,1,siantar,3,Sibolga,3,sidempuan,1,sidoarjo,29,Simalungun,252,singkawang,42,sinjai,1,sintang,64,situbondo,1,solo,1,solok,1,sorong,49,sorong selatan,20,Sosial,14,sragen,1,stabat,15,Suap,1,Subang,10,subulussalam,4,sukabumi,10,sukadana,1,Sulawesi Tengah,1,sulsel,4,sumatera,1,sumbawa barat,3,sumenep,1,sumsel,3,sumut,17,Sungai Ambawang,2,surabaya,42,surakarta,5,tana tidung,1,tana toraja,1,tangerang,3,tangerang selatan,2,tanggamus,28,tanjabtim,15,tanjung agung,1,tanjung enim,7,tanjung lalang,1,Tanjung Pinang,1,tanjungpandan,4,tasikmalaya,49,Teekini,1,Terkini,9517,Terkini kediri,1,Terkino,1,Terkinu,2,Terlini,1,ternate,3,tidore,1,toba,2,trenggelek,2,tuban,1,tulang bawang,36,tulungagung,20,way kanan,2,wonogiri,2,wonosobo,3,yalimo,1,yogyakarta,4,
ltr
item
radarkriminal.com: PT. BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI(BABL)RAMPAS LAHAN HAK MASYARAKAT DESA SUI TERUS KUBU Dan diduga Mantan Oknum Kades Kubu ikut Terlibat
PT. BINA AGRO BERKEMBANG LESTARI(BABL)RAMPAS LAHAN HAK MASYARAKAT DESA SUI TERUS KUBU Dan diduga Mantan Oknum Kades Kubu ikut Terlibat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEivakq4e2ppLE0iMgSjYGNZ9Mcn_qV2iay2kjv3q1r6HFs6Z9LRzXlGTA51WZmcFELnzNxgr3d-tpCWdtVnXpvZKiCzPLgI9zP5tAZNi3WhX3zg9BxO98947S-BjBrtXoUm24TCVGOf4fMxg5QxYkFJmzypqjJ2sRU9G7Ma_NzM7fu4W15vPmFNkF3GsQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEivakq4e2ppLE0iMgSjYGNZ9Mcn_qV2iay2kjv3q1r6HFs6Z9LRzXlGTA51WZmcFELnzNxgr3d-tpCWdtVnXpvZKiCzPLgI9zP5tAZNi3WhX3zg9BxO98947S-BjBrtXoUm24TCVGOf4fMxg5QxYkFJmzypqjJ2sRU9G7Ma_NzM7fu4W15vPmFNkF3GsQ=s72-c
radarkriminal.com
https://www.radarkriminal.com/2021/12/pt-bina-agro-berkembang.html
https://www.radarkriminal.com/
https://www.radarkriminal.com/
https://www.radarkriminal.com/2021/12/pt-bina-agro-berkembang.html
true
1345356970573142364
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy